Menggiurkan, Budidaya kakao beromset 2 M per bulan?

 

Kakao adalah komoditas perkebunan yang bernilai ekonomi tinggi.  Tanaman yang merupakan bahan baku cokelat ini dapat berbuah sepanjang  tahun. Makanya, banyak petani kepincut membudidayakannya. Seorang  pembudidaya kakao di Semarang meraup omzet Rp 2 miliar per bulan. (foto:  kompasiana)

Kakao adalah komoditas perkebunan yang bernilai ekonomi tinggi. Tanaman yang merupakan bahan baku cokelat ini dapat berbuah sepanjang tahun. Makanya, banyak petani kepincut membudidayakannya. Seorang pembudidaya kakao di Semarang meraup omzet Rp 2 miliar per bulan.

Kakao atau Theobroma cacao L., merupakan salah satu komoditas perkebunan yang cocok dengan kultur tanah dan iklim di Indonesia. Tanaman ini termasuk golongan tumbuhan tropis.

Tanaman penghasil biji kakao ini berasal dari daerah hutan tropis di Amerika Selatan. Di habitat asalnya, kakao biasa tumbuh di bagian hutan hujan tropis yang terlindung di bawah pohon-pohon besar.

Di Indonesia, kakao banyak tumbuh di daerah Sulawesi, Lampung, dan Flores, Nusa Tenggara Timur. Maklum, di daerah tersebut banyak terdapat lahan tidur yang cocok ditanami kakao.

Apalagi, hasil komoditasnya yang bernilai ekonomi tinggi mendorong minat para petani di sana untuk membudidayakannya. Namun, tidaklah mudah membudidayakan tanaman ini. Persiapan naungan dan lahan merupakan dua hal penting yang perlu diperhatikan. Naungan itu bisa berupa tanaman pelindung, seperti lamtoro, gleresidae, dan albazia. Selebihnya, proses membudidayakan kakao tak terlalu rumit.Adalah Bagus Soesintho, salah seorang petani yang sukses membudidayakan tanaman kakao. Di bawah bendera usaha PT Marga Okapallo di Semarang, Jawa Tengah, dia membudidayakan kakao di sejumlah daerah, seperti di Flores, NTT.

Selain memiliki lahan budidaya sendiri, dia juga menerapkan pola inti plasma untuk bekerjasama dengan masyarakat sekitar. Bentuknya adalah kelompok mitra.

Dalam kemitraan tersebut, Bagus menyediakan modal, mulai dari bibit, pupuk hingga penyuluhan kepada masyarakat. Saat ini, petani kakao yang menjadi mitra binaannya tersebar di tiga kabupaten di Flores.

Karena bentuknya inti plasma, maka hasil panen kakao petani dipasok ke Marga Okapallo. “Budidaya kakao bisa menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat setempat,” ujar Bagus.

Dalam budidaya kakao, imbuhnya, maksimal lahan yang bisa ditanamani pohon sekitar 70% dari total luas lahan. Jarak tanamnya sekitar 1,1 meter.

Dalam sepekan, Bagus bisa memanen sekitar 150 ton buah kakao, baik hasil panen dari kebun sendiri maupun dari mitra binaannya. Bagus membeli kakao dari mitranya dengan harga US$ 1,8-US$ 2,1 per kilogram (kg).

Selanjutnya dia akan memasarkan kembali buah kakao itu. Setiap pekan, dia menjual sedikitnya 125 ton buah kakao. Dengan harga jual Rp 20.000 per kg, dia meraih omzet hingga Rp 2, 5 miliar. “Uang itu diputar lagi untuk biaya penanaman kakao,” ujarnya.

Bagus bilang, sebagian besar pembeli kakao adalah pedagang yang menjual kembali biji kakao dalam kemasan. Salah satunya Gafar, penyalur biji kakao di Kendari, Sulawesi Tenggara. “Pelanggan saya berasal dari Jakarta, Bandung, dan Surabaya,” ujar Gafar. Dicanangkannya Gerakan Peningkatan Produksi dan Mutu Kakao Nasional karena dipandang bahwa komoditi Kakao merupakan komoditi yang sangat penting karena hampir 90% dimiliki oleh petani (Perkebunan Rakyat) dari total areal sekitar 1,5 juta ha, selain juga akhir-akhir ini terjadi penurunan produksi di tingkat petani dikarenakan serangan hama, kurangnya pemeliharaan dan terlambatnya melakukan peremajaan, di samping itu kualitas kakao kita tergolong rendah. Negara-negara pengimpor kakao Indonesia menginginkan standarisasi dari kakao kita, diharapkan dengan gerakan ini produksi kakao kita dapat diperbaiki sehingga dapat menghasilkan biji kakao yang berkualitas baik. Tidak bias kita pungkiri bahwa kakao kita di pasar dunia digolongkan kelas II dikarenakan banyaknya kotoran yang terkandung di dalamnya. Akibat mutu rendah, potensi kerugian ekspor biji kakao Indonesia ke AS mencapai + US $ 301,5/ton. Untuk itu Kakao Organik sedang diincar oleh importir kakao.

Lalu, bagaimana budidaya kakao organik ?
Persiapan Lahan
– Bersihkan alang-alang dan gulma lainnya
– Gunakan juga tanaman pelindung seperti Lamtoro, Gleresidae dan Albazia, tanaman ini ditanam setahun sebelum penanaman kakao dan pada tahun ketiga jumlah dikurangi hingga tinggal 1 pohon pelindung untuk 3 pohon kakao ( 1 : 3 ).
Pembibitan
– Sebelum dikecambahkan benih harus dibersihkan lebih dulu daging buahnya dengan abu gosok
– Rendam biji kakao dengan Biotama 1, untuk mempercepat masa dormansi
– Biji kakao dikecambahkan dengan karung goni dalam ruangan, setiap hari disiram 2 kali dalam sehari (pagi dan sore)
– Sementara itu siapkan polibag ukuran 30 x 20 cm , isi dengan tanah dan pupuk kandang (1 : 1) yang dibuat menggunakan Biotama 3
– Kecambah dipindah ke Polybag jika 2-3 hari yang berkecambah lebih 50%
– Tiap 2 sd 3 minggu sekali bibit disemprot dengan campuran Biotama 1 dan air (1 tutup botol Biotama 1 dilarutkan dalam air 1 liter) pada pagi hari (sebelum jam 7 pagi) atau sore hari (setelah jam 16.00) setelah matahari mulai redup.
Penanaman dan Pemeliharaan
Pada akhir musim hujan, buat lubang tanam dengan ukuran 60 x 60 x 60 cm, berikan pupuk kandang (yang dibuat dengan Biotama 3) sebanyak 0,5 sd 1 kg/lubang. Sebelum penanaman bibit dipastikan bahwa tanaman naungan sudah mempunyai tinggi tanaman sekitar 1 sd 1,5 m.

Setelah tanaman berumur 1 bulan setelah tanam, semprotkan larutan Biotama 1 & Biotama 5 pada tanaman di pagi hari sebelum matahari terbit kalau di Indonesia sebelum jam 7 pagi atau sore hari kalau di Indonesia sekitar setelah jam 4 sore (saat matahari belum terbit ataupun matahari sudah terbenam) , waktu penyiraman setiap 2 minggu sekali secara rutin sampai tanaman berbunga. Tanaman disemprot 5 – 6 tangki @ 15 liter larutan Biotama **) tiap Hektar. (fn/kn/bt) www.suaramedia.com

Bagaimana dengan produksi, produktivitas serta mutu kakao Lampung Barat?

13 responses

4 12 2012
Tinneyn Ja-Pung

DisBun yang terhormat.
saya mau bertanya berapakah umur/masa produksi pohon cacao? karena kebun cacao kami/daerah kami belakangan ini bisa di katakan berhenti berproduksi, saya perkirakan usia kebun cacao kami sudah 20th an. mohon sarannya dan Terimakasih.

20 04 2014
Jaka

pohon cacao berproduksi relatif pendek,, mulai produksi antara 2.5 sampai 3 tahun,, masa puncak panen antara umur 4 – 7 tahun,, setelah itu produksi akan mulai berkurang,,

27 12 2012
edo

saya mempunyai lahan yang bisa ditanamin kakao di daerah maumere,flores,kalo anda berkenan silalakn hubungin saya edo 081337126076

24 03 2013
Suku Di Indonesia

Informasi yang sangat bermanfaat. Terima kasih

27 03 2013
wahyu

Dear Disbun
Bagaimana agar tanaman cacao sehat dan buahnya banyak, sebab disini tanamanya besar tetapi daunnya kering. Mohon infonya.
Salam

28 05 2013
khaka

saya menjual perkebunan kakao di daerah jember dg luas tanah 10 ha dan harga 400rb/m2. bila ada yang berminat kirim pesan k email saya : Dhika_dul@yahoo.co.id
Terima kasih.

29 07 2013
ardita

Bagaimn pemeliharan klau tanam kakao sdh berumur 15 th….

18 09 2013
arum kusuma

bagaimana dengan pengendalian opt/jpt yang menyerang? dan teknologi apa yang digunakan dalam budidaya kakao tsb.. mohon jwbnnya. trma ksh

16 07 2014
11 11 2014
bambang

(KISAH SUKSES) ; Lolos PNS Guru di lingkungan PEMDA Berau)
Assalamu Alaikum wr-wb, Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di sekolah dasar sumatra, Sudah 11 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 3 kali mengikuti ujian, dan membayar 37 jt namun hasilnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah.
Namun teman saya memberikan no tlp Ibu HERDIANAWATI Selaku petinggi di BKN pusat yang di kenalnya di jakarta dan juga mengurusnya jadi PNS, saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim Berkas saya melalui Email, alhamdulillah No Nip dan SK saya akhirnya keluar.
Jadi apapun keadaan anda skarang jangan pernah putus asa dan terus berusaha, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasih jalan, itu adalah kisa nyata dari saya, Semua hasil ini saya ucapkan terimakasih kepada :
1. ALLAH SWT; karena KepadaNya kita mengemis dan memohon.
2. Terimakasih untuk khususnya IBU. HERDIANAWATI SH.M.SI beliau selaku Kepala tim pengadaan CPNS BKN PUSAT,dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.
Teman teman yg ingin seperti saya silahkan anda hubungi IBU. HERDIANAWATI SH.M.SI Tlp; 0852 6557 0661 Siapa tau beliau masih bisa membantu.

21 11 2014
Hend

Makasih atas informasinya…

23 12 2015
Mohammad Revie Septiandy

Taukah anda bahwa 60 % keberhasilan budidaya tanaman padi ditopang oleh kondisi tanah, oleh karena itu gunakan pupuk humagrow yang di produksi oleh PT Multikimia Agro Sejahtera dan didistribusikan oleh CV erlima brotehers untuk memperbaiki kondisi fisik,biologi dan kimia tanah serta memberikan unusur hara yang dibutuhkan tanaman

29 08 2016
Lim Mulyono

info yang sangat berguna, jika anda membutuhkan polybag kami distributor polybag ybag dengan harga murah dan berkulitas. info lenhkap di http://www.Polybag123.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: