Kopi Lampung Barat, Mutu Terbaik Kopi Nasional 2009

Keberhasilan masyarakat berbasis komoditas kopi Kabupaten Lampung Barat dalam upaya meningkatkan pendapatannya melalui upaya peningkatan nilai tambah dari mutu biji kopi yang dihasilkan mereka, pada bulan Oktober 2009 diuji secara nasional. Dan hasilnya sungguh menggembirakan. JUARA SATU NASIONAL mutu biji kopi terbaik di atas mutu kopi Jember, Aceh, dan wilayah lain di Indonesia. Bravo Petani Kopi Lampung Barat. Meskipun dalam perhelatan tersebut Kabupaten Lampung Barat diwakili oleh satu Kelompok Tani Binaan Dinas Perkebunan Kabupaten Lampung Barat yaitu Kelompok Tani Utama Jaya.

Kedepan, Pemerintah bersama petani berbasis kopi di Lampung Barat harus terus berpacu meningkatkan mutu secara berkelanjutan dengan pola budidaya yang semakin membaik dengan optimalnya penerapan  Good Agriculture Practices (GAP). Hal ini juga harus terus didukung dengan memperbaiki kelembagaan kelompok tani, kelompok usaha bersama maupun kemitraan pemasaran biji kopi yang telah berjalan agar semakin terwujud adanya jaminan saling menghargai (mutu vs nilai tambah), saling percaya (jujur vs fee), saling silaturahmi (kemitraan vs peluang pasar), serta saling ikhlas (budidaya yang baik vs produksi meningkat).

Selain sebagai Mutu Terbaik Nasional, pada bulan November 2009 kembali kebahagiaan dengan adanya penetapan bahwa kelompok tani sinar harapan jaya sebagai kelompok tani yang telah memanfaatkan tehnologi terbaik tingkat Provinsi Lampung.  Amanah yang begitu besar pada kita semua masyarakat perkebunan kopi rakyat Lampung barat adalah terus tanpa mengenal lelah meningkatkan mutu kopi biji dengan pemanfaatan tehnologi pasca panen kopi di perdesaan dengan skala Kelompok Tani. Beban ini tidak dapat begitu saja membuat pemerintah menghela nafas legah.  Fasilitasi, pembinaan, dan pendampingan tidak serta merta selesai pada tahun ini. Ribuan bahkan Jutaan tahun yang masih tersisa menuntut adanya keramahan pembangunan terhadap lingkungan, produksi, nilai tambah dan kesejahteraan masyarakat Lampung Barat.

Kenapa ?

Tahun 2008 dengan turunnya produksi kopi Lampung Barat menyumbang terhadap menurunnya  perekonomian di Lampung Barat. PDRB Lampung Barat turun dibanding tahun 2007? disumbang oleh perkebunan sebesar4,51 persen dari 8,16 persen tahun 2007 menjadi 3,65 persen tahun 2008.  Bukti peranan perkebunan kopi rakyat Lampung Barat terhadap laju pertumbuhan perekonomian (PDRB) di Kabupaten Lampung Barat.

Mari terus tingkatkan produksi dan mutu kopi biji dengan keramahan terhadap lingkungan kita, bergandengan tangan memajukan Tanoh Beguai Jejama Lampung Barat.

One response

6 12 2010
Menanti Lahirnya Kopi Way Tenong atau Kopi Rigis sebagai Robusta Coffee Specialty di Lampung, Indonesia « Dinas Perkebunan Kabupaten Lampung Barat

[…] Kekuatan besar pendorong pertumbuhan ekonomi yang dimiliki komoditas kopi ini, diiringi dengan adanya prestasi pada tahun 2009 sebagai mutu kopi terbaik nasional pada ajang lomba yang diselenggarakan oleh Departemen Pertanian dan AEKI serta sebagai pemanfaat tehnologi pasca panen terbaik Provinsi Lampung pada lomba yang diselenggarakan Dinas Perkebunan Provinsi Lampung di tahun yang sama (baca : Kopi Lampung Barat, Mutu Terbaik Nasional 2009) […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: