Keistimewaan Kopi

Kopi ternyata cukup unik. Sebagian orang menganjurkan untuk terus mengkonsumsi secara teratur, namun ada juga yang melarang hingga hampir-hampir anti minum kopi.  Kondisi ini dapat membuat sebagian besar penduduk khususnya Kabupaten Lampung Barat akan menurun pendapatannya. Tak heran karena lebih dari 61 persen penduduk Lampung Barat sangat tergantung terhadap komoditas kopi.

Baru-baru ini kembali muncul hal yang menggembirakan bahwa mengkonsumsi kopi ada manfaatnya.  Hal ini seiring dengan terus diupayakannya peningkatan produksi, produktifitas dan mutu kopi di Kabupaten Lampung Barat. Mulai dari upaya perbaikan kondisi lahan perkebunan dengan pola konservasi lahan baik fisik maupun tanaman hingga integrasi ternak di lahan perkebunan (mix farming). Upaya ini terus dilakukan ditengah suasana otonomi daerah dan minimnya dana yang ada bila dibandingkan dengan banyaknya PR pembangunan yang harus segera dituntaskan.  Masuknya LSM Herier dalam upaya pengentasan kemiskinan, Watala dengan kepedulian terhadap budidaya perkebunan kopi yang ramah lingkungan semakin memperkuat semangat peningkatan pendapatan petani berbasis kopi.

Mari kita minum kopi untuk mendukung perekonomian masyarakat Lampung Barat. Karena kopi itu berdasarkan hasil kajian Prof. Robert Motl bahwa “kafein dapat membebaskan dari rasa nyeri akibat kehabisan tenaga atau kelelahan hanya dengan segelas kopi. Kafein bekerja pada satu sistem di otak dan urat tulang belakang yang sangat terlibat dalam memprosesan rasa sakit, karena kafein menghadang adenosine yang merupakan zat kimia yang berperan mengalihkan energi” (Lampung Online No. 56 Thn III/1-15 Juli 2009).

Profesor bidang kesehatan masyarakat dan kinesiologi di Universitas Illionis ini juga mengatakan  bahwa orang yang mengkonsumsi kafein 400 miligram atau tiga sampai empat gelas sehari kopi akan memiliki tingkat pengurangan rasa nyeri selama berolahraga.

Nah, untuk terus memacu semangat kerja dan mengurangi rasa lelah menuju masyarakat Lampung Barat CEKATAN kembali kami menyarankan minum kopi sehari 3 – 4 gelas.  Selain itu, keistimewaan kopi ternyata tidak hanya sampai disitu. Kafein juga mampu mengusir rasa kantuk. Hasil penelitian di University of  Barcelona bahwa pria yang mengkonsumsi kafein dari secangkir espresso (100 mg kafein) mampu mengusir kantuk selama mencapai 30 menit. Sementara pada wanita semakin rendah kafein hingga 5 mg justeru akan semakin merasakan manfaatnya. Hal ini merupakan bukti ternyata kopi lebih bermanfat untuk pria terutama kopi dengan kadar kafein tinggi.

Bayangkan apabila 80 persen pria berusia diatas 20 tahun yang ada di Lampung Barat (145.340 jiwa)  mengkonsumsi kopi sehari 3 – 4 gelas atau 90 – 120 gram kopi dengan 20 hari dalam sebulan dan 11 bulan dalam satu tahun, hal ini setara dengan dibutuhkannya kopi bubuk seberat 2.878  ton sampai 3.837 ton kopi bubuk. Jika untuk menghasilkan 60 ton kopi bubuk diperlukan 100 ton kopi biji saja, maka kebutuhan produksi kopi untuk konsumsi dalam daerah  Lampung Barat  mencapai 4.796 ton hingga 6.295 ton biji kopi kering. Apabila dikonversi dengan harga kopi bubuk di Lampung Barat  sebesar Rp. 40.000 per kg maka uang yang akan beredar akibat pola konsumsi kopi bubuk mencapai Rp. 115 Milyar – Rp. 153,4 Milyar lebih.  Dan ini akan sangat menyehatkan perekonomian di Lampung Barat, karena dengan semakin membaiknya konsumsi kopi bubuk akan memacu pertumbuhan sektor perdagangan dan sektor industri skala rumah tangga atau IKM lainnya.

Dengan demikian juga akan berdampak pada meningkatnya pendapatan perkapita penduduk Kabupaten Lampung Barat  dan menjadi titik ungkit peningkatan PDRB dan juga Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dengan meningkatnya daya beli masyarakat Lampung Barat.

AYO MINUM KOPI.. (Smile ‘OO)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: