Way Mengaku, Sentra Produsen Kopi Luwak Lampung Barat

25 01 2011

Perkembangan produsen kopi di Lampung Barat terus mengungkit pertumbuhan perekonomian daerah. Menjamurnya Industri kecil skala rumah tangga yang turut mengupayakan hadirnya produk turunan kopi yang merupakan icon Kabupaten Lampung Barat. Mengiringi pertumbuhan produksi kopinya, kini selain produk kopi bubuk klasik, kopi organik dan kopi strawberry yang telah lebih dulu lahir sebagai industri produk turunannya, maka sejak tahun 2008 Lampung Barat pun telah menjadi sentra kopi luwak.

Beberapa produsen kopi luwak berada pada Kelurahan Way Mengaku, Kecamatan Balik Bukit dengan jarak yang berdampingan. Keadaan ini menjadikan suatu kewajaran bila wilayah ini dijuluki SENTRA PRODUSEN KOPI LUWAK LIWA.  Produsen dimaksud hingga saat ini merupakan salah satu target kunjungan wisatawan manca negara bila ke Provinsi Lampung. Produsen dimaksud diantaranya yaitu :

  1. RATU LUWAK
  2. RAJA LUWAK
  3. DUTA LUWAK
  4. LUWAK PESAGI MANDIRI
  5. RAMA LUWAK

Beberapa produsen tersebut telah memiliki izin Dinas Kesehatan dalam bentuk P-IRT. Hal ini perlu mendapatkan perhatian bagi produsen maupun pemerintah dalam upaya kelengkapan perizinan baik izin pemanfaatan ternak liar dari BKSDA (LUWAK merupakan hewan liar yang pemanfaatannya memerlukan izin secara resmi), maupun sertifikasi kehalalan produk kopi luwak tersebut (sebagai upaya menjamin keamanan pangan bagi konsumennya).  Selain itu, fasilitasi dalam menembus pasar nasional pun turut memerlukan uluran tangan semua pihak, mulai dari Pemerintah, Pengusaha, waralaba dan lain sebagainya.

Suatu kebanggaan masyarakat Lampung Barat untuk menghantarkan PRODUK KOPI LUWAK sebagai satu oleh-oleh khas dari Lampung Barat.  Datang ke Lampung Barat Tanpa bawa kopi luwak serasa hampa tanpa makna.  Ayo tingkatkan kesejahteraan petani.

Sumarlin.

Recent Posts :

Trik Mendapatkan Ribuan Backlink GRATIS

Kegiatan Dinas Perkebunan Lampung Barat 2010


Aksi

Information

2 responses

1 10 2011
eddy wibingsono

Pak saya boleh minta alamat detailsnya untuk perusahaan : ratu luwak, duta luwak, dll. sekian terima kasih.

31 10 2012
admin

Alamat secara keseluruhan produsen kopi luwak berada di sebuah kawasan : JL. Raden Intan II, gang serasan Kelurahan Way Mengaku Kecamatan Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat 34811

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: