Sertifikasi Green Komoditi Kopi Robusta Lampung Barat

24 09 2008

Budidaya Kopi robusta Lampung Barat sebagai etalase kopi nasional ternyata semakin membuktikan kemampuannya dalam pola budidaya menuju green komoditi.  Hal ini terlihat dengan adanya pengakuan berupa sertifikasi 4C (Common code for the coffee community) terhadap 68 Kelompok Tani di Kabupaten Konservasi Kabupaten Lampung Barat dan sertifikasi Utz Kapeh terhadap 36 kelompok tani yang bermitra dalam pemasaran dan pembinaan  dengan PT. Indo Cafco (eksportir kopi).

Hingga saat ini proses sertifikasi Rain Forest sedang dalam tahap penyelesaian terhadap 42 kelompok tani komoditi kopi robusta Lampung Barat. Diharapkan peluang peningkatan nilai tambah bagi petani kopi dengan pola budidaya yang baik(GAP) akan lebih mensejahterahkan dan mampu meningkatkan daya beli petani.  Hal ini membutuhkan dukungan pemerintah secara holistik antar pemangku kepentingan dalam mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Lampung Barat yang masih memiliki 49.506 RTM dan 117 desa tertinggal.

Komitmen ini harus segera diwujudkan dan kita dorong bersama guna mewujudkan LAmpung Barat sebagai Kabupaten Konservasi baik dengan adanya green belt bagi TNBBS, Integrasi ternak terhadap lahan komoditi kopi, serta pola budidaya berwawasan konservasi dan pola pasca panen yang benar mengacu pada Good Agriculture Practises (GAP).

Laporan Disbun Lambar,-


Aksi

Information

One response

10 06 2010
Endy Ardhie

Great post… Thanks for share😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: